Monday, 26 November 2018

Hiburan Murah Meriah di Bandung: Sanggar Origami


Entah perasaan saya atau bukan, tapi haree genee kayaknya makin susah aja untuk cari hiburan (terutama untuk anak) yang enggak jauh-jauh dari shopping mall. Jujur emang asyik sih ngemol, tapi borosnya itu juga enggak nahan. Berhubung uang sekolah sekarang juga enggak murah, kayaknya enggak ada salahnya juga kan untuk berhemat dan ngajak anak main ke tempat yang masih bermutu selain emol. Nah kebetulan waktu jalan-jalan ke Bandung kemarin, saya sempet googling dan menemukan Sanggar Origami Indonesia ini!


Lokasinya sendiri ada di PUSDAI alias Pusat Dakwah Islam (jangan tanya gue kenapa). Kalau ke sana naik mobil, masuk tempat parkirannya dari gerbang yang pertama banget ya. Bayar parkir pun seikhlasnya aja (ini kata tukang parkirnya lho). Tapi kalau enggak salah ingat, letak sanggarnya justru lebih dekat ke arah parkir motor. Jadi kalau dari arah parkir mobil, mesti jalan sedikit. Pasti kelihatan kok dari luar, karena cukup nyentrik dengan spanduk dan siluet kertas lipat warna-warni yang bentuknya macam-macam. Interiornya pun nyaman, dengan lantai yang dilapis kayu (parket) dan juga cukup bersih.

Anyway, waktu masuk ke sanggar tersebut, kami langsung disambut oleh seorang petugas di sana (sebut saja Mawar karena saya lupa nama blio'). Kami membayar tidak lebih dari 15 ribu rupiah saja sebagai ganti satu set kertas lipat yang boleh dibawa pulang ke rumah. Mbak Mawar juga menunjukkan tutorial cara membuat origami sesuai usia. Berhubung umur anak saya masih empat tahun, origami yang dicontohkan juga cukup mudah, seperti melipat mahkota, ikan, dan kelinci. Karena bukan kelas khusus, jamnya sebetulnya tidak dibatasi. Buktinya kami sekeluarga berakhir nongkrong lengkap sama bayi yang gegoleran di atas karpet sambil saya bebas foto-foto dimarih. Sayangnya, jam empat sore mereka sudah harus tutup. Kalau mau lebih serius lagi, katanya sih tersedia kelas-kelas yang lebih privat di waktu tertentu (by appointment).

Oh ya, ternyata tempat ini juga bukan cuma mengajarkan untuk membuat origami namun juga melukis!



Tertarik? Di akhir post ini saya sudah coba bantu tuliskan alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Tapi kalau masih penasaran, tentu saja bisa di-google sendiri juga. BTW tulisan ini tidak berbayar dan tidak ada afiliasinya dengan Sanggar Origami di Bandung ya, melainkan betul-betul murni dari keinginan saya untuk berbagi kepada teman-teman yang butuh alternatif aktivitas baik bagi diri sendiri maupun buah hati. Selamat berkarya dan bersenang-senang!




Sanggar Origami Indonesia (SOI)
PUSDAI (Pusat Dakwah Islam)
Jl. Diponegoro No:63, Bandung
Telepon: +6281223900360
Instagram: @sanggarorigami

No comments:

Post a Comment