Wednesday, 21 February 2018

#WHERETOEAT: Klassz Étterem es Borbolt, Budapest (Hungary)


This has to be my most favorite restaurant to have a decent meal in Budapest. Great service, cozy interior and exceptional cuisine! 

Berawal dari pengalaman suami saya saat menjajal foie gras di Prancis yang (katanya sih), udah mahal terus kagak enak pula, maka dia pun jadi terobsesi nyobain foie gras di Hongaria yang (menurut Mbah Wiki) ternyata merupakan eksportir foie gras terbesar dunia (dengan Prancis sebagai langganannya, tapi diimpor mentah ya). Eyang Wiki juga bilang, Hongaria merupakan produsen foie gras terbesar kedua di dunia pula.

Nah makanya pas kebetulan lagi pelesir ke Budapest pada musim dingin yang dingin (ya iya lah) di tahun 2017, kami pun penasaran soal "beneran enak enggak sich, foie gras di sini" lalu Googling dgn kata kunci kurleb 'best foie gras in Budapest' dan muncullah nama restoran ini. Praktis langsung ngiler lah! Apalagi setelah dicek, lokasinya cukup strategis ples harganya pun masih kejangkau

Yang kami pesan di sana:

APPETIZER (Duck Liver, Homemade Brioche, Apple Compote)


Ni'mat hakiki sesuai ekspektasi sampe hampir mesen dua piring! Permukaan foie gras-nya di-pan seared secara paripurna sehingga tekstur luar terasa distingtif jika dibandingkan dengan sari pati di dalamnya yang super lembut (jadi ada efek meleleh seperti hati Milea saat digombalin Dilan gitu deh! *duh*) Harga hidangan ini sekitar HUF 3990 atau EUR 13. 

MAIN COURSE 1 (Trout-Fresh Spinat-Lemon-Risotto)




Sungguh kagak pernah gw ngebayangin risotto sama ikan bisa selejat dan sesegar itu! 'Twist' kuliner yang 'nggak biasa tapi bisa saling melengkapi sehingga paduannya cocok banget di lidah. (3190 Hungarian Forints atau sekitar €10 pakai kurs restoran ini - yang mematok HUF 300 untuk setiap euro)

MAIN COURSE 2 (Rose Duck Breast, Fermented Vegetables, Flap Mushroom Jus, Chili)




Kalau mau objektif aturan ini lumayan enak juga kok. Tapi, sezuzurnya kalo dibandingin sama dua menu di atas rasanya jadi kebanting. Priced around 4290 forints or around 14 euro if I am not mistaken. 

DESSERT (Lemon Cream, Fennel, Salty Biscuit)



Ini juga enak, aromanya harum dengan saus hangat yang langsung dituang di meja makan tepat di hadapan kamu (tentu saja ke piringnya yah, bukan ke muka kamu dong). Entah kenapa, gue anaknya lemah soal makanan pencuci mulut dengan kombinasi manis-asin (yes, seperti contohnya martabak keju) karena pasti langsung jatuh cinta *aku memang receh*. Ini yang paling murah, sekitar HUF 1390 atau sekitar 4,50 euro (mungkin sama kayak martabak manis seloyang? #teteup)

DRINK (Syrup)



Lupa namanya sirup apa, tapi enak dan segar banget! Memang wajib coba minuman sirup kalau lagi mampir ke Eropa Tengah (karena cukup mudah ditemukan di Austria dan Cekoslovakia juga kalo gak salah). Lupa juga harganya berapa, tapi yang jelas tidak mahal karena ini termasuk minuman non alkohol. 

Semuanya kalau dihitung-hitung sekitar 800 ribuan rupiah untuk makan berdua. Lumayan mahal? Maybe, but I think it was worth every penny. 

Klassz Étterem es Borbolt

Address: Budapest, Andrássy út 41, 1061 Hungary
Phone: +3615999490
Website: www.klasszbudapest.hu
Instagram: @klasszbudapest

Comments (0)
Read more
Tuesday, 20 February 2018

[FEATURED] The Discoverer Edition 32: Santorini, Greece!




x
It is truly an honor for me to be featured on recent edition of The Discoverer exploring Santorini! If you have around 4 minutes to spare, please scroll through their incredible photos and check out some tips of how to get the most of this amazing Greek island via this link ;-) *'Mayan kan yach secara jarang-jarang foto amatiran gue bisa nampang di website bule! Eits, tapi tunggu... Apaan sih "The Discoverer" itu?


Bagi yang belum follow ataupun berlangganan The Discoverer, cobain deh sekali-kali mampir ke situs ini atau ya minimal linimasa Instagram-nya lah. Setiap minggunya, media yang berfokus pada tema pelesir ini memberikan wacana traveling menarik berdasarkan destinasi-destinasi yang layak untuk disimak. (Kalo bahasa anak #jamannow: lagi hitz aja!)


Tapi 'nggak cuma panduan untuk jalan-jalan, mereka pun menyajikan rekomendasi kuliner, daftar aktivitas yang harus dijajal di kota dan negara tertentu, trik khusus untuk menghemat biaya perjalanan sampai bocoran akomodasi dari yang termurah sampai yang paling strategis (dan curiga bikin kantong boncos) sekalipun. 

Istimewanya, tips-tips tersebut dihimpun berdasarkan pengalaman pribadi dari orang-orang yang pernah berpelesir ke sana. Jadi, kisi-kisinya pun unik dan gak "text book" alias bukan cuma yang serba ideal kayak di brosur perjalanan. Yang bikin lebih menarik lagi, setiap edisinya hanya membutuhkan waktu rata-rata kurang dari 5 menit untuk membaca semua "contekan" tadi sampai khatam

Yuk, rame-rame dibaca dan buka wawasan seluas-luasnya. Siapa tau 'kan ada yang butuh inspirasi (dan informasi) untuk melakukan perjalanan berikutnya, mudah-mudahan postingan ini bermanpaat adanya... Selengkapnya soal Santorini dari saya pribadi? Kapan-kapan aja biar pemirsa penasaran! :-D
Comments (0)
Read more